Bagaimana Cara Wisata Air di Curug Cinulang Cicalengka?

Bandung memiliki banyak keindahan alam yang bisa dinikmati. Air terjun menjadi destinasi wisata yang patut dikunjungi ketika di Bandung. Air terjun di Bandung yang sangat populer adalah wisata air Curug Cinulang Cicalengka. Saking populernya, air terjun ini sempat dibuatkan lagu. Curug Cinulang ini berada di Sindulang, Bandung Timur, tepatnya berada di daerah perbukitan yang asri. Obyek wisata ini cocok digunakan sebagai tempat pelepas penat dan mencari ketenangan. Suara deru air terjun dan aliran air bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Curug Cinulang memiliki dua jalur air terjun, masing-masing jatuh dari tebing yang tingginya mencapai 30 meter.

Mitos Curug Cinulang yang Melegenda

Mencapai Curug Cinulang, pengunjung harus melewati hutan wisata yang bisa dimanfaatkan untuk sarana jalan-jalan menikmati keindahan alam. Letak air terjun yang jauh dari keramaian dan kencangnya suara air memberikan suasana yang membuat nyaman pengunjung. Pengunjung dihimbau untuk berhati-hati jika berenang atau masuk ke dalam air. Arus air Curug Cinulang sangat deras dan tempat yang berbatu berbahaya bagi pengunjung yang masuk ke air. Ada baiknya juga menggunakan baju tebal karena udara di sini yang dingin dan cipratan air dingin yang mengenai badan. Atau pengunjung bisa menghangatkan diri dengan makan dan minum yang hangat di warung-warung milik penduduk yang buka di sekitar curug. Biaya untuk mencapai air terjun ini juga tidak mahal, hanya dengan Rp. 5000 saja pengunjung bisa bersantai di air terjun seharian.

Keindahan Curug Cinulang ternyata menyimpan mitos yang masih dipercaya oleh sebagian orang. Mitos pertama adalah jika seseorang yang masih belum memiliki pasangan datang ke tempat ini, maka setelahnya ia akan menemukan pasangannya. Mitos kedua justru kebalikannya, jika pasangan yang akan menikah datang ke Curug Cinulang bersama maka hubungan mereka akan kandas sebelum sampai di pelaminan. Mitos ini masih dipercaya, dan banyak yang datang ke sini untuk mencari jodoh. Namun, percaya atau tidak percaya, itu tergantung pribadi masing-masing.

Tempat Wisata di Bandung Observatorium Bosscha